Header Ads

Tipe Data Pada Bahasa Pemrograman C



Codding PC - Tipe data merupakan bagian program yang paling penting karenatipe data mempengaruhi setiap instruksi yang akan dilaksanakan oleh computer. Misalnya saja 5 dibagi 2 bisa saja menghasilkan hasil yang berbeda tergantung tipe datanya. Jika 5 dibagi 2 bertipe integer makan akan menghasilkan nilai 2, namun jika keduanya bertipe float maka akan menghasilkan nilai 2.5000000. pemilihan tipe data yang tepat akan membuat prosese operasi data menjadi lebih efesien dan efektif.

Dalam bahasa C terdapat tipe data dasar, yaitu:


Contoh Program :

Gambar 1. Program sebelum di Compile

Hasil Compile:

Gambar 2. Hasil Compile

Penjelasan :

Program diatas untuk membuktikan penerapan tide data pada bahahasa pemrograman C. Sebelum menulis sebuah program terutama dalam bahasa C pertama kita harus memasukkan #include “stdio.h”  dan #include “conio.h”, karena jika tidak diawali dengan #include “stdio.h”  dan #include “conio.h” maka program tidak bisa berjalan. Void main pada sintak program digunakan untuk memulai program tersebut. Dalam program tersebut saya menggunakan tipe data : char, integer, float, double. Sedangkan untuk variable saya menggunakan: x, y, z, w. Dimana tiap variable mewakili tiap-tiap tipe data, x mewakili tipe data integer, y mewakili tipe data float, z mewakili tipe data char, dan w mewakili tipe data double.

Adapun fungsi system(“cls”)ini digunakan untuk membersihkan layar pada program. Setiap variable pada program ini telah ditentukan nilainya: z = 10, y =9.45, z = C (karenan variable ini bertipe char), w = 3.45E+20. Setelah tipe data dan variable telah siap, sekarang tinggal kita tentukan outputnya. Fungsi printf digunakan untuk mencetak hasil dari program. Dan pada program ini yang akan dicetak adalah hasil output dari tiap-tiap variable itu sendiri. Setelah program dikompile hasil program akan terlihan pada windows console, lihat gambar 2. Pada hasil compile menunjukkan nilai nilai variable berbeda nilainya: x = 10, y = 9.450000, z = C, dan w = 34500000000000000.00000. Ini membuktikan bahwa tiap-tiap tipe data berbeda fungsinya dan aplikasinya.

Sedangkan fungsi dari getch() digunakan untuk menghentikan program, sehingga ketika program telah selesai, program tidak akan langsung keluar kecuali jika kita menekan tombol sembarang. Dan fungsi dua kurung kurawal “{}” digunakan untuk mengawali suatu program dan mengakhiri suatu program.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.