Header Ads

Dasar Pemrograman C++




Codding PC-Kali ini saya akan meng-share topik pembahasan tetang bahasa pemrograman C++. Diama bahasa C++ ini merupakan bahasa hasil pengembangan dari bahasa C. 


Pada pembahasan ini, saya akan membahas bagian-bagian dasar dari penulisan awal kode program dalam bahasa C++. Pada saat penulisan program, terutama pada bahasa C++ tidaklah terlalu berbeda dengan bahasa C. 

Untuk mempersingkat waktu, langsung saja kita ke pembahasan program.

Dibawah ini merupankan sebuah program sederhana, dimana program yang saya buat ini akan mencetak kalimat atau data yang berada pada kolom cout.

















Kode program diatas digunakan untuk mencetak kalimat “Hello world, Abdan Zam Zam Ramadhan”. Ini merupakan kode program dasar dalam bahasa C++. Pada awal program terlihat adanya simbol (*/ dan*/) ini digunakan sebagai komentar, dimana setiap kalimat yang ditulis didalam kolom komentar ini, tidak akan dicompile oleh program. Dalam bahasa c ketika kita ingin menuliskan kode program ada satu hal yang harus ditulis di awal pembuatan program, yaitu #include <iostream>. #include <iostream> ini merupakan data library dari bahasa C++, dimana data ini diperlukan pada program yang melibatkan objek cout.

Adapun main()berfungsi menjadi tubuh utama yang menjadi awal dan akhir eksekusi program C++. Sehinggan, main() merupakan nama fungsi khusus yang selalu dicari dan dipanggil dalam eksekusi program. Adapun kurung kurawal ({}) yang terletak setelah main()dan diakhir program,  digunakan untuk mengawali dan mengakhiri suatu program. Cout digunakan untuk mencetak hasil eksekusil/ hasil output dari suatu program. Endl digunakan untuk melakukan perpindahan baris, endl fungsinya sama persis seperti perintah (enter).

Setelah kode program diatas dicompile, maka akan terlihat seperti dibawah ini.






















Setelah kode program di kompile maka akan ditampilkan hasilnya seperti gambar diatas. Pada gambar diatas terlihat adanya kalimat “Hello world, Abdan Zam Zam Ramadhan”, dimana kalimat ini merupakan hasil dari proses kompilasi. Ini membuktikan kebenaran dari kegunaan fungsi cout, cout akan melakaukan percetakan diakhir program, dan cout akan mencetak setiap kalimat atau data yang terdapat di dalam fungsi cout, dengan syarat kalimat atau data yang akan dicetak berada didalam tanda petik dua (“ “). Contoh kode pemrograman untuk mencetak kalimat seperti pada hasil compile: cout<<”Hello world, Abdan Zam Zam Ramadhan”<<endl;.

Mungkin demikianlah pembahasan tentang dasar pemrograman C++, semoga postingan ini dapat bermanfaat.


Pesan:
"Tetaplah berkarya, meskipun keterbatasan selalu menghalangi kita" (Ibnu_Iman).

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.