Header Ads

Flow Chart Untuk Mengetahui Apakah Bilangan Termasuk Ganjil atau Genap

Assalamualaikum Wr. Wb.


Codding Pc- Alhamdulilla Allah masih memberi ane kesempatan untuk ngepost lagi gan. Oke gan, malem ini ane ingin mencoba ntuk menjelaskan tentang sebuah Flow Chart, yaitu Flow Chart untuk menentukan apakah bilangan yang diinput benilai genap atau ganjil.

Mungkin bagi kalian yang sudah cukup paham tentang Flow Chart pasti ngertilah, hehehe. Tapi yang belum mengerti ini ni, harus dibuat paham dulu baru bisa paham (just kidding). Sebenernya si simpel Flow Chart itu, hanya butuh bermain logika aja gan. Bagi Anda yang ingin bener-bener bergelut dibidang programmer Anda harus paham apa yang namanya Flow Chart ini. Karena Flow Chart merupakan modal utama dalam perancangan suatu program.

Bagi Anda yang belum tau apa itu Flow Chart bisa dilihat disini gan.

Oke langsung aja gan, berhubung waktu udah malem buru-buru mau ngerjain tugas juga, hehe. Kita langsung ke soal aja ya.

Soal:
  • Buatlah Flow Chart untuk mengetahui apakah bilangan termasuk ganjil atau genap. Nilai dari bilangan didapat dari piranti masukkan.

Untuk penggambaran Flow Chart-nya seperti ini gan.







































Penjelasan:

  • STAR, digunakan untuk mengawali suatu flow chart.
  • Nilai, mendeklarasikan bahwa variabel "nilai" yang akan diakan diproses oleh program.
  • Input Nilai, untuk menginput nilai dari variabel.
  • Kondisi 1 (Jika variabel "Nilai" dibagi 2 dan hasilnya 0 maka variabel "nilai" merupakan bilangan genap), lalu program akan mencetaknya sebagai bilangan genap dan program berhenti.
  • Kondisi 2 (Jika variabel "Nilai" dibagi 2 dan hasilnya bukan 0 maka variabel "Nilai" merupakan bilangan ganjil), lalu program akan mencetaknya sebagai bilangan ganjil dan program berhenti.

Mungkin hanya demikian gan penjelasan dari pada flow chart-nya, semoga bermanfaat gan. Jangan pernah berhenti untuk selalu mencoba dan mencoba gan.
Akhir kallam,

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.