Header Ads

3 Cara super cepat menguasai bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman
Codding PC- Bagi kalian yang baru mengenal bahasa pemrograman mungkin awalnya cukup sulit untuk memahaminya. Karena bahasa pemrograman terlihat sangatlah abtrak, dimana ketika membuat suatu program kita hanya mengetik sekumpulan huruf, angka, dan symbol-simbol lalu kita compile.

Meskipun bahasa pemrograman hanya terdiiri dari ketiga elemen tersebut (huruf, angka, dan symbol) ini akan terasa susah dan juga berat jika kita ingin menyusunnya menjadi sebuah program, terutama bagi pemula. Nah, dengan adanya permasalahan ini saya akan menberikan solusi tercepat bagi kalian semua, agar dengan cepat kalian dapat memahami, mengerti, dan menguasai bahasa pemrograman itu sendiri.

Ada 3 cara super cepat untuk menguasai bahasa pemrograman yang akan saya bagikan kepada kalian. Jika kalian melaksanakan 3 cara ini secara terus menerus “In Shaa Allah” kalian akan menjadi programmer yang handal. Amiin.

1. Matangkanlah pemahaman Anda tentang Flowchart/ diagram alir
Sebelum membuat suatu program, Anda harus terlebih dahulu benar-benar pahan yang namanya flowhart. Karena ini merupakan modal pertama Anda, ini modal terbesar program yang Anda buat bisa berhasil. Memang ada beberapa orang programmer yang tidak terlalu mementingkan flowchart, dia langsung membuat program tanpa merancangnya terlebih dahulu menjadi sebuah flowchart.

Jika program yang akan kita buat masih dalam sekala kecil/ mikro itu tidak terlalu masalah kalau tidak memakai flowchart. Tapi jika kita ingin membuat sebuah program yang cukup besar/ bersekala  makro apakah kita tidak perlu flowchart? Ya pasti kita memerlukannya, karena dengan adanya flowchart kita dapat memanagemen program yang akan kita buat.

3. Perbanyaklah mengetik kode program
Bahasa pemrograman tentu sulit jika untuk dihafal, maka dari itu jangan kalian hafal. Melainkan kalian ketik secara terus menerus program yang kalian buat. Atau kalian dapat mengetik ulang program yang telah orang lain buat, dan lakukan cara ini sampai kalian benar-benar pahan dengan setiap perintah pada program tersebut.

Setelah kalian paham dengan program yang sebelumnya kalian ketik, sekarang kalian buat program semisal dengan program tersebut tanpa melihat modul. Hal ini untuk membuktikan kalo kita benar-benar sudah paham dengan program tersebut.

3. Kombinasikan antara flowcahart dengan kode program

Cara yang terakhir yaitu kita kombinasikan antara keduannya (flowchart dengan kode program). Selanjutnya, kita buat terlebih dahulu flowchart dari program yang akan kita buat. Setelah flowchart selesai dibuat, kita representasikan flowchart tersebut menjadi sebuah program. Ataupun sebaliknya, kita juga dapat mengubah dari program menjadi flowchart. Lakukan hal ini secara terus menerus sampai kamu benar-benar paham antara keduanya.

Dengan melakukan ketiga cara ini secra rutin, “In Shaa Allah” kalian dapat mengusai bahasa pemrograma selama kurang lebih 1 bulan. Cepat atau lambatnya hasil yang didapat itu tergantung dengan kesungguhan kalian. Jika ingin cepat, kuncinya ada 3, yaitu:
  1. Berdo’a sebelum memulai
  2. Berusaha
  3. Berdo’a setelah berusaha

Untuk mempelajari flowchart lebih mendalam klik disini, gan.

Semoga bermanfaat gan,


Share ya gan, karena setiap kalian membagikan suatu kebaikan “In Shaa Allah” akan bernilai pahala yang selalu mengalir, meskipun kalian telah tiada di muka bumi ini. (One Peace)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.