Header Ads

Contoh program searching menggunakan metode "squential search" dengan bahasa C++

Codding PC-  Squential search merupakan salah satu metode dari beberapan metode algoritma yang digunakan untuk melakukan operasi pencarian, mencari data yang telah terinput kedalam suatu program. Dan untuk melakukan pencarian ini dibutuhkan sebuah kata kunci, dimana kata kunci akan disesuainkan dengan setiap data yang telah terinput.


Squential search atau disebut juga dengan pencarian linier, mepunyai prinsip kerja sebagai berikut: Proses pencarian dengan menggunakan metode Squential search yaitu dengan mengecek dari tiap-tiap data dari awal hingga akhir secara berurutan. Jika terdapat nilai dari salah satu data yang sesuai dengan kata kunci, program akan berhenti, lalu mencetak posisi letak dari data tersebut.

Contoh:

Ane menginput sebuah deretan angka = {17,20,26,31,44,54,55,65,77,93}. Nah, setelah saya masukan deretan angka tersebut, saya ingin melakukan pencarian sebuah  angka diantara deretan angka tersebut, saya akan mencari angka (54), saya ingin mengetahui dimanakah letak angka (54) itu? dan pada deretan ke berapa angka tersebut berada? Angka (54) merupakan sebuah kata kunci, dimana nilai ini akan menjadi perbandingan untuk mencari letak dari angka (54). 

Simulasi Squential Search
Dengan menggunakan metode Squential search proses pencarian akan dilakukan secara berurutan, dari indeks 0 sampai indeks 9. Dan dapat kita lihat pada gambar diatas, pada indeks yang ke-5 nilai dari pada kata kunci mengalami kecocokan nilai/ nilai sama, yaitu sama-sama bernilai 54. Sehingga program akan mencetak bahwa angka 54 terletak pada indeks ke 5.

Untuk contoh kode program searching menggunakan metode "squential search" dengan bahasa C++ dapat dilihat pada kolom dibawah ini. Silahkan ketik dan kompile pada komputer kalian ya gan,

#include <iostream>
using namespace std;

main(){
   
    int arr1[5];
    int cari;
    bool ditemukan;
    int lokasi;
   
    cout<<"Masukan 5 nilai angka untuk disimpan diarray : "<<endl;
   
    for(int i=0;i<5;i++){
        cout<<"Nilai ke-"<<i+1<<" = ";
        cin>>arr1[i];
    }
   
    cout<<endl;
    cout<<"Masukan nilai yang ingin dicari : ";
    cin>>cari;
    cout<<endl;
   
    for(int w=0;w<5;w++){
        cout<<"Iterasi ke-"<<w+1<<endl;
        if(arr1[w]==cari){
            ditemukan = true;
            cout<<" Ketemu!"<<endl;
            lokasi=w;
            break;
        }
    }
    if(ditemukan){
        cout<<"Nilai ditemukan pada indeks array ke-"<<lokasi+1<<endl;
    }
    else
        cout<<"Nilai"<<cari<<"Tidak ditemukan"<<endl;
}


Semoga bermanfaat gan,

Jangan lupa !!!

Share, like, and comments ya gan, karena setiap kalian membagikan suatu kebaikan “In Shaa Allah” akan bernilai pahala yang akan selalu mengalir, meskipun kalian telah tiada di muka bumi ini. (One Peace)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.