Header Ads

Contoh Program Sorting dengan Metode Bubble Sort Menggunakan Bahasa C++

Bubble Sort

Codding PC- Ada beberapa metode untuk mengurutkan sebuah nilai bilangan, dan salah satu dari beberapa metode yang dapat diterapkan adalah metode bubble sort.

Perlu kita ketahui bahwa dalam bahasa pemrograman, untuk mengurutkan sebuah bilangan baik itu secara askending (mengurutkan bilangan dari yang terkecil ke yang terbesar) maupun deskending (mengurutkan bilangan dari yang terbesar ke yang terkecil) dibutuhkan suatu algoritma/ metode untuk mengurutkan bilangan tersebut.

Mengapa dibutuhkan algoritma untuk mengurutkannya? Karena yang namanya program itu, tersusun dari kumpulan-kumpulan perintah. Nah, kumpulan-kumpulan perintah yang digunakan untuk mengurutkan kumpulan nilai dari terkecil sampai terbesar ataupun sebaliknya itu yang disebut dengan metode sorting.

Motode sorting sangatlah banyak, mungkin kita akan bahasa pada lain waktu, dan kali ini saya akan berikan contoh program sorting dengan metode bubble sort-Menggunakan bahasa C++.

Motode Bubble Sort

Metode pengurutan gelembung (Bubble Sort) diinspirasikan oleh gelembung sabun yang berada dipermukaan air. Karena berat jenis gelembung sabun lebih ringan daripada berat jenis air, maka gelembung sabun selalu terapung ke atas permukaan. Prinsip di atas dipakai pada pengurutan gelembung.

Bubble sort (metode gelembung) adalah metode/ algoritma pengurutan dengan dengan cara melakukan penukaran data dengan tepat disebelahnya secara terus menerus sampai bisa dipastikan dalam satu iterasi tertentu tidak ada lagi perubahan. Jika tidak ada perubahan berarti data sudah terurut. Disebut pengurutan gelembung karena masing-masing kunci akan dengan lambat menggelembung ke posisinya yang tepat.

Silahkan ketik code dibawh ini, gan. Code program ini untuk askending (mengurutkan dari blangan kecil ke bilangan besar)

#include <iostream>
using namespace std;
int main ()
{
    int PenampungNilaiSementara;
    int array [5]={20, 15, 18, 21, 17};
    cout << endl;
    cout << "Originaly entered array : " << endl;
    for(int j=0;j<5;j++){
        cout << array[j];
        cout << endl;}  
    cout << endl;
    for(int i=0;i<4;i++){
        cout << "Iterasi Ke-" << i << ":" << endl;
        for(int j=0;j<4;j++){
            if(array[j]>array[j+1]){
                cout << "\NNilai Elemen ["<<j<<"] : "<<array[j] <<
                " Ditukar dengan elemen ["<<j+1<<"] : "<<array[j+1]<<endl;
                PenampungNilaiSementara=array[j];
                array[j]=array[j+1];
                array[j+1]=PenampungNilaiSementara;
                cout << "Menjadi Elemen ["<<j<<"] : "<<array[j] <<
                        " dan elemen ["<<j+1<<"] : " << array[j+1]<<endl;
            }
        }
        cout << endl;
    }
    cout<<"Hasil Sorting : \n";
    for(int j=0;j<5;j++){
        cout << array[j];
        cout << endl;}
}

Semoga bermanfaat gan,


Share ya gan, karena setiap kalian membagikan suatu kebaikan “In Shaa Allah” akan bernilai pahala yang selalu mengalir, meskipun kalian telah tiada di muka bumi ini. (One Peace)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.