Header Ads

Pengenalan Flowchart-Part 1

Flowchart
Codding Pc- Flowchart merupakan sebuah diagram alir, dimana diagram ini umumnya digunakan oleh seorang programmer untuk membentuk suatu pola atau lebih pasnya lagi untuk membuat suatu rangkaian dari program yang akan kita buat.

Dengan Flowchart ini kita akan lebih mudah untuk membuat suatu tatanan struktur/ alur dari program yang akan kita buat. Struktur ini yang nantinya secara tahap demi tahap, akan disusun dari awal program ini berjalan sampai akhir program tersebut lalu behenti. 

Setelah Flowchart tesusun secara benar, lalu setelah itu baru si programmer menulisnya dalam sebuah kode program atau sering disebut dengan sintak.

Perumpamaannya begini gan, ketika kita merasa lapar. Apa yang harus kita lakukan? Jawabannya tentu kita akan makan kan, bukan malah tidur,  itu mah beda lagi kalo lagi gak ada duit. wkwkwk. Nah, ketika kita merasa lapar, lapar banget dah, dan respon dari rasa lapar tersebut tentu dengan otomatis kita akan mencari makan kan? Entah itu beli, masak sendiri, mintak sama emak, dll. Tentunya yang halalkan, jangan yang haram juga diembat juga gan, wkwkwk gak baek.

Nah kita lanjut lagi gan, dari sini saya gambarkan bahwa yang namanya Flowchart itu seperti proses langkah demi langkah ketika ketika ingin mencari makan. Kita lapar, yang kita lakukan adalah kita jalan menuju warung makan, lalu kita mesen makanan di warung tersebut, nah setelah itu kita baru makan. Makan merupakan akhir dari proses atau akhir dari Flowchart sedangkan langkah dari awal kita pergi ke warung sampai kita makan, itu yang dinamakan Flowchart.

Saya contohkan lagi gan,

Flowchat ketika ingin tidur:
  1. Ke kamar mandi
  2. Sikat gigi
  3. Ambil air wudhu, dan berwudhu 
  4. Sholat 2 raka’at
  5. Membaca do’a sebelum tidur
  6. Pergi ke ranjang tidur
  7. Berbaring dan tidur.



Ketika kita membuat sebuah Flowchart itu ibarat kita menjadi seorang arsitektur, tapi bedanya dengan arsitek-arsitek yang lain yaitu kita menjadi arsitek dibidang perancangan program yang akan kita buat, atau kata lain kita menjadi arsitek dibidang IT, keren kan? Ya kerenlah. Programmer gitu loh..

Bagi kalian yang bergelut dibidang programmer kalian harus bangga jadi seorang programmer, karena kalian bukan saja dituntut untuk membuat suatu program tapi kalian juga dituntut untuk merancangnya. Good Job…

Pada artikel ini saya hanya membahas pengenalan Flowchart gan, untuk praktek pembuatannya In shaa Allah akan saya posting pada Part berikutnya gan. Semoga ilmunya bermanfaat, menjadi bekal dan ladang pahala terutama bagi penulis, maaf jika ada kata-kata dari penulis yang kurang berkenan. (One Peace)

Akhir kalam,
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.



Share ya gan, setiap kalian membagikan suatu kebaikan “In Shaa Allah” akan bernilai pahala yang selalu mengalir, meskipun kalian telah tiada di muka bumi ini.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.