Header Ads

Algoritma Searching pada Bahasa Pemrograman

Algoritma Searching
Codding PC- Istilah search dalam kamus bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai sebagai pencarian, proses pencarian. Untuk melakuan pencari diperlukannya sebuah kata kunci. Dengan menggunakan kata kunci, maka kita akan dengan mudah menemukan sesuatu yang akan kita cari.

Dalam dunia IT, istilah searching merupakan sebuah istilah yang sudah tak asing lagi. Karena dalam pembelajara dasar bahasa pemrograman ada suatu bab yang dikenal dengan metode searching.

Metode searching yaitu metode yang didalamnya berisi sebuah algoritma, diman algoritama ini digunakan untuk melakukan searching/ pencarian terhadap data yang telah terinput. Sehingga dengan cara ini dapat memudahkan user untuk menemukan data yang ia cari. Dalam dunia IT, ada dua metode searching yang harus kalian ketahui, dua metode ini adalah sebagai berikut:

1. Sequential Search

Sequential Search atau disebut juga dengan pencarian linier (linier searching) merupakan metode pencarian didalam struktur data linier dengan cara membaca setiap data satu persatu. Prinsip: data yang ada dibandingkan satu persatu secara berurutan dengan yang dicari sampai data tersebut ditemukan atau tidak ditemukan.

Ane contohkan,

Diketahui data:
Deret angka

  • Pencarian data 7 (sebagai target key)
  • Bandingkan target key dengan

  • Data[0] : 8
    Data[1] :10
    Data[2] :6
    Data[3] :2
    Data[4] :11
    Data[5] :7 -> Ketemu!! dibutuhkan 6 koparations

    Algoritma Sequential Search

    1. i←0
    2. ketemu←false
    3. Selama (tidak ketemu) dan (i<= N) kerjakan baris 4
    4. Jika (Data[i] = x) maka ketemu←true, jika tidaki←i+ 1
    5. Jika (ketemu) maka i adalah indeks dari data yang dicari, jika tidak data tidak ditemukan

    2. Binary Searching

    Merupakan metode pencarian pada sebuah struktur data linear yang sudah terurut. Dalam metode pencarian ini, tidak semua data dibaca, namun cukup dengan membandingkan data yang ada di tengah dari suatu range. Prinsip: mula-mula diambil posisi awal 0 dan posisi akhir = N -1, kemudian dicari posisi data tengah dengan rumus: (posisiawal+ posisiakhir) / 2.

    Tidak ada komentar

    Diberdayakan oleh Blogger.