Header Ads

Cara Membuat Program Login Sederhana dengan Menggunakan PHP


Codding PC- Untuk kalian yang selalu setia mengunjungi blog saya (Codding PC). Kali ini saya akan membagikan tutorial membuat program login sederhana dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. 

Jadi rancangan programnya seperti ini gan, setelah program tersebut kita kompile maka program login tersebut akan meminta username dan password. Jika username dan password yang kita masukkan sesuai dengan username dan password yang telah kita tetapkan sebelumnya maka program akan mencetak Login Berhasil, akan tetapi jika username dan password yang kita masukkan salah maka program akan mencetak Login Gagal.

Program ini memang sangatlah sederhana gan, karena pada program Login ini kita belum menggunakan CSS. Sehingga untuk pemula ini akan mudah dimengerti. Pada program Login ini kita akan melakukan kombinasi antara PHP dan HTML.

Untuk memulai membuat program dengan bahasa PHP, computer kalian terlebih dahulu harus terinstal aplikasiXampp. Apa itu Xampp? Dan bagaimana cara mengistalnya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut kalian dapat membaca artikelnya disini.

Adapun hal yang pertama yang harus kalian lakukan adalah siapkan satu folder dan simpan di (C:\xampp\htdocs\PHP). Folder ini digunakan untuk menyimpan kedua file yang akan kita buat (dua-duanya berformat .php). Setelah folder dibuat, lalu kita buka Notepad++ yang telah terinstal di computer kalian. Jika kalian belum mempunyai Aplikasi Notepad++, kalian dapat mendownloadnya disini.

Mengapa harus menggunakan Notepad++? Karena Notepad++ merupakan aplikasi yang dapat kalian download secara gratis, meskipun gratis fitur-fitur yang ada sudah termasuk lengkap. Oleh karena itu menggunakan Notepad++ saya rekomendasikan untuk kalian.

Setelah Notepad++ terbuka, lalu kalian ketik kode program dibawah ini. Program yang telah kalian ketik lalu simpan pada satu folder yang telah kalian buat tadi.

Program 1
Simpan dengan nama   : input.php
Deskripsi             : Program menamppilkan form login (inputan text dan password)

<html>
                <head><title>Login Here</title></head>
                <body>
                                <FORM ACTION="proses05.php" METHOD="POST" NAME="input">
                                                <h2>Login Here...</h2>
                                                Username : <input type="text" name="username"><br>
                                                Password : <input type="password" name="password"><br>
                                                <input type="submit" name="Login" value="Login">
                                                <input type="reset" name="Reset" value="Reset">
                                </FORM>
                </body>
</html>

Program 2
Simpa dengan nama   : proses.php
Deskrisi                 : Program sederhana untuk memeriksa inputan username dan password pada program 1.

<?php
if (isset($_POST['Login'])) {
                $user = $_POST['username'];
                $pass = $_POST['password'];
                if ( $user == "Abdan" && $pass == "1234") {
                                echo "<h2>Login Berhasil</h2>";
                } else {
                                echo "<h2>Login Gagal</h2>";
                }
}
?>

Setalah kedua program tersebut kalian simpan pada satu folder, maka sekarang kita tinggal mengeksekusi program tersebut.

Buka web browser Crome, Explorer, Mozilla, dll. Lalu pada kolom pencarian ketik localhost/nama_folder_yang_telah_anda_buat/input.php. Lalu klik enter.


Yang perlu kalian ingat bahwa sebelum kalian menjalankan program tersebut, pastika Apache dan MySQL pada XAMPP telah kalian aktifkan.


Sekian tutorial membuat program login sederhana dengan menggnakan PHP. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk kalian semua. Jika kalian anggap tutorial ini bermafaat untuk kalian, maka jagan sungkan-sungkan untuk meng-share ke teman-teman kalian. Kalian bisa, teman kalian juga mesti bisa, mari kita berbagi ilmu, oke.

Salam “Zero-One”.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.