Header Ads

Memahami Konsep Pemrograman Berorientasi Objek Pada Java

Codding PC- Bagi kalian para penggemar pemrograman Java, kali ini saya akan mencoba membahas mengenai Pemrograman Berorientasi Objek. Sebelumnya, taukah kalian apa itu Pemrograman Berorientasi Obyek? Dan mengapa kita perlu memperlajari Pemrograman Berorientasi Obyek? Oke gan, kali ini saya akan mencoba mengulasnya sedikit. Semoga bermanfaat gan, cekidot.

Pemrograman Java menggunakan konsep Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO) atau Object Orientide Programming (OOP). Semua program Java merupakan suatu obyek. Dasar-dasar OOP meliputi istilah berikut ini:
  • Class
  • Object
  • Attribute
  • Method

Apa Sih Pemrograman Berorientasi Obyek Itu?

Secara umum, OOP adalah teknik yang memfokuskan design program pada obyek dan class berdasarkan pada skenario di dunia nyata. Sebagai contoh, misalkan mobil. Sebuah mobil secara umum tentunya memiliki beberapa karakteristik, yaitu misalnya memiliki sejumlah roda, memiliki warna, memiliki beberapa pintu dsb. Selanjutnya mobil ini bisa terdapat berbagai macam merek, misalnya mobil Suzuki Ertiga, Toyota Avanza dsb. Sebuah mobil tentunya juga bisa dijalankan, baik maju maupun mundur atau dihentikan. Dalam OOP, mobil tersebut identik dengan class, mobil Suzuki Ertiga, Avanza dll itu merupakan obyek. Jumlah roda, warna mobil, jumlah tempat duduk dll identik dengan atribut dari suatu obyek, serta proses untuk mengendalikan mobil (maju, mundur dan berhenti) itu dalam OOP identik dengan method dari suatu obyek.

Lalu Apa Manfaatnya?

Manfaat dari pemrograman yang menggunakan teknik OOP ini adalah kebebasan pengembangan, mengingatkan kualitas, mempermudah pemeliharaan, mempertinggi kemampuan dalam modifikasi dan meningkatkan penggunaan kembali software.
Class
Class adalah model dari suatu obyek yang menjelaskan karakteristik (sifat) serta fungsi yang dimiliki dari suatu obyek. Class merupakan wadah (tempat) yang digunakan untuk menciptakan suatu obyek. Dengan kata lain sebuah Class merupakan blueprint dari suatu obyek.
Berikut ini adalah aturan pembuatan class dalam Java:

public class namaclass
{
.
.
}

Aturan pemberian nama class:
  • Dimulai dengan huruf, atau tanda “_” atau tanda “$”
  • Tidak boleh menggunakan reserved word dalam Java
  • Tidak boleh memuat operator aritmatika
  • Bersifat case sensitive

Oleh karena itu, jika diperhatikan ketika membuat project baru, maka secara otomatis akan dibuat class sesuai nama projectnya. MisalkanAnda membuat project baru dengan nama ‘Project1’ maka secara otomatis akan dibuat class dengan nama ‘Project1’.

public class Project1 {
.
.
.
}

Dalam sebuah project, kita dapat membuat lebih dari satu class sebanyak kebutuhan.

Atribut
Atribut adalah elemen data dari suatu class. Atribut  menyimpan informasi tentang class. Atribut dapat diartikan sebagai data, vaiabel, properti atau sebuah field.

Method
Method adalah sebuah function atau fungsi yang ada dalam suatu class. Setiap method memiliki tugas sendiri. Di dalam Java ada 2 jenis method yaitu void dan non void methos. Method void adalah method yang tidak mengembalikan nilai, sedang non void method adalah method yang mengembalikan suatu nilai.

Jika Anda perhatikan pula ketika membuat project baru misalnya ‘project1’, maka akan ada di dalam class ‘project1’ ini akan dibuat pula method dengan nama main().

public class project1 {
public static void main(String args[]) {
.
.
}
}

Method main() dalam suatu class menunjukkan method tersebut adalah method utama yang akan dijalankan pertama kali ketika program Java dijalankan. Khusus method main(), perlu diberikan ‘static’ setelah modifiernya.

Pada suatu class, kita bisa membuat method berapapun semau kita.

Perlu diingat juga bahwa di dalam Java, beberapa class itu bias digabung atau disimpan menjadi satu dalam sebuah paket atau package jika diperlukan. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengolahan class saja.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua (sahabat Codding PC), dan dapat menjadi referensi, dan sumber ilmu pengetahuan, ya gan. Saya berharap kalian dapat menyempatkan sedikit watunya untuk mengomentari artikel ini gan, kalian dapat berkomentar pada kolom komentar dibagian bawah artikel ini. #AyoBerkomentar
By: Zero-One


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.