Header Ads

Kecerdasan Buatan (Atificial Intelligence)




Codding PC - Kecerdasan buatan (Atificial Intelligence) atau disingkat AI adalah bidang studi yang berusaha menerangkan dan meniru perilaku cerdas dalam bentuk proes kumputasi.

Adapun tujuan AI (Atificial Intelligence) meliputi:
1.    Membuat mesin lebih pintar
2.    Memahami kecerdasan
3.    Membuktikan mesin lebih berguna

Namun, pada masa sekarang, tujuan AI tidak sekedar membuat computer dapat berfikir, tetapi uga bias melihat, mendengar, berjalan, bermain, dan bahkan merasakan. AIBO adalah contoh produk berbasis AI yang memungkinkan untuk diajak bermain-main oleh pemiliknya.
Perbandingan kecerdasan buatan dan kecerdasa manusia:

AI lebih bersifat permanen.  Berbeda dengan AI, kecerdasan alami yang dipunyai seseorang tidak dapat disimpan.  Ketikan seseorang tersebut pindah kerja, pengetahuan yang dimilikinya ikut terbawa. AI lebih bersifat permanen karena tetap ada sepanjang system computer dan program masih terpelihara.

AI menawarkan kemudahan untuk digandakan dan disebarkan. Pemindahan pengetahuan dari satu orang ke orang lain memerlukan waktu yang panjang dan bahkan kemungkinan pengetahuan tidak dapat diduplikasi secara lengkap. Adapn pengetahuan dalam sistem komputer mudah sekali untuk disalin dan dipindahkan ke sistem lain.

AI lebih mudah daripada kcrdasan alami. Telah banyak dibuktikan bahwa biaya membeli jasa dengan computer lebih murah daripada biaya manusia yang melaksanakan tugas yang sama.

AI bersifat konsisten dan teliti. Hal ini berbeda dengan manusia yang sering tidak menentu dan tidak konsisten.

AI dapat didokumentasi. Keputusan yang dibuat oleh computer dapat didokumentasi dengan mudah dengan cara mencatat semua kegiantan yang dilakukan sistem. Kecerdasan alami sulit didokumentasi. Sebagai contoh, seseorang bisa jadi melakukan penyimpulan, tetapi pada saat yang lain menjadi tidak dapat melakukan kembali proses penalaran yang membimbing kesimpulan atau mengikat kembali asumsi-asumsi yang mendasari keputusan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.