Header Ads

Contoh program bertipe Array satu dimensi dengan menggunakan bahasa C

Codding Pc - Pada postingan kali ini ana akan membahasa sebuah tipe data berjenis Array, dimana dengan menggunakan tipe data array kita akan mencoba membuat sebuah program. Sebelumnya itu, ana akan membahas terlebih dahulu apasih array itu, ada berapa jenisnya, dan apa fungsinya?


Larik (Bahasa Inggris: array), dalam ilmu komputer, adalah suatu tipe data terstruktur yang dapat menyimpan banyak data dengan suatu nama yang sama dan menempati tempat di memori yang berurutan (kontigu) serta bertipe data sama pula.

Larik dapat diakses berdasarkan indeksnya. Indeks larik umumnya dimulai dari 0 dan ada pula yang dimulai dari angka bukan 0. Pengaksesan larik biasanya dibuat dengan menggunakan perulangan (looping).

Array secara garis besar dibagi menjadi 3, yaitu:
  • Array 1 dimensi
  • Array 2 dimensi
  • Array multidimensi
Kali ini ana akan membahasa array 1 dimensi, adapun jenis-jenis array yang lain inshaa Allah akan dibahas pada postingan berikutnya.

Array 1 Dimensi merupakan jenis larik dasar dan jenis larik yang paling sering digunakan, pemakaian larik satu dimensi terutama dipakai dalam tipe data string (terutama dalam bahasa Bahasa pemrograman C).

Dibawah ini merupan contoh program dari penerapan tipe data array 1 dimensi beserta penjelasannya.


//Program untuk menginput 10 nilai mahasiswa

Hasil Compile dari program diatas


Penjelasan dariprogram diatas

Program diatas merupakan contoh program berbasis array 1 dimensi, dimana program tersebut hanya mengiput dan mencetak 1 deretan angka. Program tersebut digunakan untuk menginput 10 nilai mahasiwa lalu si program ini akan mencetaknya kembali dari 10 nilai yang telah diinput. Hal yang pertama dan yang paling untama kita buat/ tentukan adalah variabelnya yaitu index dan nilai. Dimana variable nilai ini merupakan array bertipe integer, dengan batasan elemennya 10. Setelah itu kita membuat masukan untuk menginput 10 nilai mahasiswa. Untuk memasukkan nilai tersebut, maka dibutuhkan sebuah perulangan dengan menggunakan fungsi (for), dimana for ini akan melakukan perulangan input sebanyak 10 kali. Dan pada saat perulangan dibutuhkan scrip “scant(“i%”, &nilai[index]” ini untuk mengelompokan tiap-tiap nilai yang telah diinput supaya saat pengambilan data tidak terjadi kesalahan/ kekeliruan. Inilah yang disebut array, dimana variable “nilai” membatasi jumlah nilai yang diinput.

Setelah semua nilai terinput dan semua kebutuhan program telah terpenuhi, maka si program tersebut akan mencetak semua nilai yang telah diinput. Untuk mencetak deretan nilai yang telah diinput, maka program membutuhkan sebuah perulangan kembali yaitu menggunakan fungsi (for). Dimana fungsi for ini akan mengulang sebuah percetakan nilai sebanyak 10 kali yaitu dengan perintah “for(index=0; index<10; index++)”. Untuk memanggil tiap-tiap nilai yang telah diinput program menggunakan perintah “printf(“i5.0”, nilai[index];” maka program akan mengurutkannya sesuai dengan nilai yang telah diinputkan. Inilah yang disebut pemanggilan nilai variable dengan fungsi array, senhingga hal ini memudahkan si program tersebut untuk mencari elemen-elemen variable yang telah terinput kemudian mencetaknya.

Untuk program diatas dapat di download disini.



Untuk mengunduh aplikasi dev C++ disini


Untuk tutorial cara penginstallan dan penulisan program bahasa C dengan aplikasi Dev C++ bisa dilihat di sini (cara menginstall) dan di sini (cara menulis program). 

Semoga toturial yang ana berikan bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.