Header Ads

Penerapan tipe data array 2 dimensi dengan menggunakan bahasa C

Codding PC - Selamat pagi gan, kita kembali lagi di pembahasa array. Pada postingan sebelumnya saya telah membahas array 1 dimensi, dan pada pagi ini, pagi yang cukup cerah ini saya akan kembali membahas array 2 dimensi. Semogan dengan penjelasan saya pada pagi hari ini bisa menjadi inspirasi dan juga pengetahuan yang baru bagi kalian semua. Harapan saya dengan pembahasan ini, yang belum paham jadi paham, dan yang sudah paham jadi tambah paham. Amiin.

Tiada sebab dan harapan lain dari saya memponsting pembahasan ini, melainkan sebagai tempat/ ladang amal sholih yang semata-mata untuk mengharap Ridho dari pada Allah SWT. Amiin.

Sebelum ke penerapan array pada program, saya terlebih akan membahas pengertian array, kegunaannya array, dan apa itu array 2 dimensi?

Array adalah kumpulan / urutan elemen-elemen data yang bertipe sama dan bentuk syntax-nya adalah tipe_array nama_array [konstanta]; kemudian struct adalah kumpulan nilai data yang boleh untuk berbeda tipe data dan syntax-nya adalah struct nama_struct. [1]

Manfaat penggunaan Array dalam pemrograman adalah untuk memudahkan pembacaan suatu program.  Selain itu untuk mengurangi terjadinya pengkodean ulang, serta dapat mengembangkan program menjadi lebih baik. [2]

Array 2 dimensi merupakan array yang terdiri dari m buah baris dan n buah kolom. [3]
Bentuknya dapat berupa matriks atau tabel. 

Deklarasi array : [3]
Tipe_array nama_array[baris][kolom];
Contoh :
Int X[3][4]; 







Contoh Program
Program untuk menginput nilai matriks dan mencetak di akhir program

Hasil Compile

Penjelasan Program:

Program ini merupakan contoh program yang menerapkan tipe data array dimensi 2, dimana kegunaan dari program ini yaitu untuk menginput matriks 3x4 dan mencetaknya pada akhir program. Sebelum memulai program ini yang harus dilakukan pertama kali yaitu mendeklarasikan variable-variabel yang akan digunakan pada program. Ada 3 jenis variable yaitu: baris, kolom, dan matriks[3][4]. Variable matriks[3][4] ini menggukan tipe data array, dimana variable tersebut dapat menampung 3 elemen baris dan 4 elemen kolom. Dan tiap-tiap elemen pada array tersebut nantinya akan digunakan untuk mempung nilai-nilai matriks yang telah diinput. 

Untuk menginput nilai matriks, program tersebut membutuhkan sebuah perulangan, adapun untuk melakukan perulangan ini menggunakan fungsi for. Pada fungsi for ini akan melakukan perulangan penginputan nilai sebanyak 12 kali, ini sesuai dengan banyaknya elemen pada array matriks. Untuk mengelompokkan tiap-tiap nilai yang diinput, program membutuhkan sebuah scrip “scanf(“%i”, &matriks[baris][kolom])”. Dengan menggunakan perintah ini maka program akan mengelompokkan taip-taip nilai yang telah diinput, hal ini digunakan agar pada saat pencetakan nilai, nilai yang diinput akan tercetak dengan berurutan sesuai dengan inputannya.

Setelah semua nilai terinput maka sekarang program akan mencetak nilai yang telah diinput tadi sesuai dengan urutannya. Untuk mecetaknya program menggunakan sebuah perulangan menggunakan fungsi for. Perulangan akan berlangsung sebanyak 12 kali, hal ini sesuai dengan banyaknya elemen pada matriks. Untuk melakukan percetakan nilai program menggunakan scrip “printf(“%5.0i”, matriks[baris][kolom])”, scrip ini digunakan untuk mencetak nilai sesuai dengan urutan nilai yang telah diinput. Agar nilai yang diinput bisa tercetak secara berurutan, hal inilah yang disebut dengan array.


Referensi:
3. Solichin, Achmad. 2003. Pemrograman Bahasa C dengan Turbo C

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.